Pernikahan adalah acara puncak bagi calon pengantin. Kelancaran prosesi pernikahan berawal dari tertatanya susunan acara (rundown) pernikahan. Dengan acara yang tertata rapi maka prosesi pernikahan dijamin berjalan lancar.

Penyusunan rundown pernikahan krusial mengingat sebuah prosesi pernikahan melibatkan banyak pihak, seperti penyedia jasa dekorasi, katering, make-up artist, MC, entertainment, fotografer dan videografer, dan lain-lain. Rincian acara akan bertambah bila pernikahan tersebut dilangsungkan dalam adat tradisional tertentu. Belum lagi bila pernikahan tersebut dilangsungkan dengan menyewa sebuah gedung atau venue yang memiliki keterikatan waktu. Oleh sebab itu, pelaksanaan acara berdasarkan rundown yang tepat waktu diperlukan agar pernikahan berlangsung lancar.
Rundown adalah storyline table, perjalanan sebuah acara dari detik pertama sampai terakhir. Semakin padat sebuah event, semakin ketat dan lengkap deskripsi aktivitas in time. Bila perlu, rundown pernikahan disusun berbentuk tabel dengan unsur-unsur kerangka aktivitas, seperti waktu tempuh (time running), deskripsi, dan person in charge (PIC).

Selain itu, jangan dilupakan untuk menginformasikan ke berbagai pihak terkait dalam sebuah pernikahan mengenai rundown yang telah tersusun. Salah satu pihak saja tidak menaati rundown tersebut, bisa membuat perubahan rundown yang telah tersusun. Perubahan mendadak yang disertai kepanikan bisa merusak jalannya pernikahan secara keseluruhan. Jadi, kesempurnaan sebuah rundown akan menuntun kesempurnaan sebuah event pernikahan.

Susunan acara ini bisa disusun oleh kedua mempelai, panitia keluarga dari kedua mempelai, atau wedding organizer. Yang jelas, sebaiknya susunan acara ini disusun berdasarkan diskusi bersama dari calon mempelai pria dan wanita. Dengan demikian prosesi pernikahan akan berlangsung sukses hingga akhir

Berikut ini adalah susunan akad nikah dan juga resepsi yang dapat menjadi inspirasi pernikahan yang akan anda lakukan dengan pasangan.

Susunan akad nikah
Rangkaian acara yang satu ini memang cukup mendebarkan untuk banyak pihak, karena pada saat inilah pasangan akan sah untuk menjadi pasangan suami istri, susunan acara untuk akad nikah adalah

Baca juga : Contoh Undangan Pernikahan Simple dan Elegan

Lakukan cek untuk terakhir kali sebelum acara akan dimulai. Dalam hal ini dipastikan bahwa rombongan dan calon mempelai pria sudah berada di lokasi akad. Nantinya keluarga calon pengantin wanita sudah berada di dalam ruangan untuk menyambut rombongan keluarga pengantin pria.
Susunan acara selanjutnya akan dibuka oleh MC yang mana akan menjadi acar pembukaan untuk memulai akad nikah.
Acara sambutan dimulai, dan saat ini rombongan keluarga pria sudah dapat memasuki ruangan akad nikah.
Selanjutnya perwakilan dari keluarga calon mempelai pria akan memberikan sambutan untuk keluarga calon mempelai wanita dan juga pengantin pria yang menunjuk salah satu anggota keluarganya untuk mewakili. Begitu juga keluarga calon mempelai wanita yang akan memberikan sambutan.
Setelah sambutan, akan dilanjutkan dengan acara serah terima atau seserahan dengan menjabat tangan salah satu perwakilan anggota keluarga dalam rangka sudah saling menerima calon mempelai baik wanita dan juga pria. Seserahan juga dilakukan oleh ibu calon mempelai masing-masing.
Lalu setelah proses tersebut sudah bisa dilakukan dengan pelaksanaan ijab Kabul yang mana akan dibuka oleh MC. Dilanjutkan dengan acara khotbah nikah dan ijab Kabul yang akan dipimpin oleh penghulu.
Setelah ijab Kabul dilakukan, akan ada penyerahan mahar dan pemasangan cincin juga buku nikah kepada penghulu ke kedua mempelai.
Acara nasihat perkawinan, doa dan juga sungkem yang akan dipandu oleh MC kepada kedua pasangan untuk duduk di tempat yang disediakan. Lalu acara terakhir akan dilanjutkan dengan sesi foto bersama dengan keluarga dan tamu undangan.
Susunan resepsi pernikahan

susunan pernikahan untuk resepsi ini tentunya sangat bervariasi tergantung bagaimana dengan mempelai. Tergantung dengan adat yang akan digunakan atau memang ingin menghibur atau perayaan dari pernikahan itu sendiri. Berikut ini adalah susunan resepsi pernikahan.

Anda dapat memulainya dengan acara hiburan 30 menit sebelum acar resepsi dimulai.
Setelah itu MC akan akanmembuka acara dan akan memulai acara kirab pengantin yang mana keluarga dan pengantin memasuki ruangan acara.
Lalu akan dilakukan sesi foto untuk mengambil gambar mempelai dan juga orangtua yang duduk di pelaminan.
Dilanjutkan dengan acara sambutan dimana dilakukan oleh perwakilan dari keluarga pengantin wanita dan juga perwakilan anggota keluarga pria.
Acara doa akan di lanjutkan dan juga acara ramah tamah. Dalam acara ramah tamah ini akan ada hiburan dan juga foto bersama. Lalu tamu undangan dapat memberikan ucapan selamat dan foto bersama pengantin.